Kamis, 28 Oktober 2010

Perangkat Input pada Komputer

Perangkat input adalah perangkat yang dapat memasukan data dan perintah kepada komputer untuk kebutuhan lebih lanjut. Input juga dibagi dua yaitu input sinyal , dan maintenance . input sinyal adalah data atau program yang dimasukan kedalam sistem komputer . sedangkan maintenance adalah program yang digunakan untuk mengolah data input sinyal. Contoh-contoh perangkat input adalah :

1. keyboard
    Keyboard ditemukan oleh Christopher Latham pada tahun 1868 dan banyak dipasarkan pada tahun 1877 oleh Perusahaan Remington. keyboard adalah papan ketik yang berfungsi sebagai media interaksi antara user dengan mesin. Merupakan sebuah papan yang terdiri dari tombol-tombol untuk mengetikkan kalimat dan simbol-simbol khusus lainnya pada komputer. Keyboard dalam bahasa Indonesia artinya papan tombol jari atau papan tuts.

2. Mouse
    Mouse ditemukan pertama kali oleh Douglas Engelbert.Penunjuk (pointer) yang dapat digerakkan kemana saja berdasarkan arah gerakan bola kecil yang terdapat dalam mouse. Mouse memiliki sensor untuk mengetahui kemana arah yang dikehendaki oleh pemakainya.
Sensor ini diantaranya adalah melalui bola dan cahaya. Untuk mouse yang memiliki sensor dengan menggunakan bola, jika kita membuka dan mengeluarkan bola kecil yang terdapat di belakang mouse, maka akan terlihat 2 pengendali gerak di dalamnya. Kedua pengendali gerak tersebut dapat bergerak bebas dan mengendalikan pergerakan penunjuk, yang satu searah horisontal (mendatar) dan satu lagi vertikal (atas dan bawah). Pada sebagian besar mouse terdapat tiga tombol, tetapi umumnya hanya dua tombol yang berfungsi, yaitu tombol paling kiri dan yang paling kanan. Namun ada tombol ketiga yaitu tombol scroll tombol ini berguna untuk menaik turunkan jendela windows.

3. Joystick
   Piranti masukan berupa tongkat, yang menangkap gerakan-gerakan dinamis, dan mengubah gerakan tersebut menjadi data untuk diolah oleh komputer. Joystick disebut juga penggerak penunjuk. Joystick biasanya digunakan sebagai alat permainan ( game )






 
4. Track ball
    Merupakan perangkat yang sejenis dengan mouse atau stylus. Alat ini mirip mouse yang dibalik dan digunakan dengan menggelindingkan bolanya.






5. Digitizer
   Piranti masukan yang menggunakan media magentis, alat ini sangat tepat dan memudahkan dalam pemindahan gambar, misalnya peta, dari gambar kertas ke layar komputer. Digitizer banyak digunakan pada PDA .








6. Voice recognition
     Pengenal suara. Kemampuan mengenal secara spesifik suara individual, mirip dengan pengenalan sidik jari. Teknologi ini memiliki kemampuan untuk menafsirkan kata-kata yang diucapkan oleh manusia. Dalam pengaplikasiannya dengan menggunakan teknologi ini, anda dapat memberi perintah kepada komputer secara lisan. Misalnya dengannya anda dapat menulis surat tanpa perlu mengetiknya. Untuk itu anda harus menggunakan mikrofon. Program semacam ini banyak macamnya di antaranya adalah Via Voice dari IBM.
 
7. Kamera
    Kamera yang mampu merekam gambar diam atau bergerak kepada bit-bit data ke dalam file komputer. Kamera merupakan suatu program untuk mengambil gambar . 

8. Scanner
    Scanner banyak digunakan untuk memindai gambar , tulisan , atau objek benda kedalam format elektronik sehingga dapat diolah komputer . scanner akan mengukur cahaya untuk memperoleh image. Umumnya kualitas scanner dilihat pada kualitas gambar yang dihasilkannya .

9. Mic ( microfon )
   Mic digunakan untuk memasukkan input berupa suara. Penggunaan mic memrlukan perangkat keras tambahan untuk menerima input suara tersebut yaitu sound card dan speaker untuk mendengarkan hasil rekaman suara. Ada juga alat yang dapat menjadi input dan output alat seperti itu disebut terminal . terminal dapat dihubungkan langsung dengan komputer dengan menggunakan kabel dari USB (Universal Serial Bus ) atau alat yang lain . Terminal juga dibagi menjadi tiga yaitu :

·         Non intelligent terminal atau dumb terminal: hanya berfungsi sebagai perangkat untuk memasukkan input dan menampilkan output , namun tidak dapat memprogram semua itu karena tidak mempunyai alat pemproses.

·         Smart terminal : mempunyai alat pemproses dan memori didalamnya sehingga input yang terlanjur dimasukkan dapat dikoreksi kembali program ini tidak dapat di program oleh pemakainya hanya bisa oleh pabrik buatannya saja.
·         Intellegent terminal : mempunyai alat pemproses dan memori didalamnya sehingga input yang terlanjur dimasukkan dapat dikoreksi kembali program ini dapat di program oleh pemakainya.
 
Peralatan input yang tidak mempunyai fungsi ganda dapat dibedakan menjadi dua yaitu :
·         Input langsung: input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemproses. contoh : keyboard , mouse , layar sentuh , tablet ,scanner , sensor pada kamera digital , serta microphone .
·         Input tidak langsung : input yang dimasukkan tidak langsung diproses oleh alat pemproses . contoh : magnetic disk ( disket , hard disk ) , optical disk ( CD , DVD , VCD ). Magnetic disk mampu menyimpan informasi berupa data dan program melalui magnetisasi suatu medium , sedangkan optical disk mampu menyimpan informasi melalui cahaya atau laser yang
ditangkap oleh keping CD/VCD/DVD.



0 komentar:

Posting Komentar